Rabu, 30 Desember 2009

Profil Kabupaten Garut



Secara geografis Kabupaten Garut terletak pada koordinat 6o57'34" - 7o44'57" Lintang Selatan dan 107o24'34" - 108o34" Bujur Timur, dengan luas wilayah sekitar 3.065,19 km2.
Disebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Sumedang, sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur.

Dengan jenis tanah yang terdiri dari sedimen letusan Gunung Papandayan dan Guntur, tanah di kabupaten ini memang subur, baik untuk sawah, tegalan maupun kebun campuran. Selain itu dengan daerahnya yang cukup luas, kabupaten ini merupakan daerah pertanian yang lebih condong pada usaha agrobisnis dan agroindustri. Pertanian tanaman pangan mendominasi perekonomian ini.Yang utama dari tanaman pangan ini adalah padi dan jagung, sementara palawija, sayur mayur dan buah-buahan unggulan adalah kedelai, kacang tanah, kentang, kubis, cabai, tomat, jeruk, pisang dan alpukat. Kecamatan Bungbulang, Tarogong, dan Samarang merupakan kecamatan utama penghasil padi. Di tingkat Provinsi Jawa Barat, hasil padi Garut memang belum dapat menyaingi tiga besar daerah produsen padi yaitu Subang, Karawang dan Indramayu.Selain padi, tanaman pangan andalan lainnya adalah jeruk dan teh. 

Dalam lapangan usaha pertanian, kontribusi dua komoditas ini memang tidak besar tapi jika dilihat dari sisi perdagangan, keduanya termasuk kebanggaan daerah.Penghasil jeruk di daerah ini adalah Kecamatan Samarang, Cisurupan, Bayongbong, Pasirwangi dan Tarogong.Saingan terdekat jeruk Garut adalah Tasikmalaya Jeruk. Selain jeruk, juga ada teh. Produksi teh yang dihasilkan berupa teh hijau dan teh hitam. Teh hitam sendiri banyak dihasilkan di Kecamatan Cilawu, Cikajang, Cisurupan, dan Pakenjeng, sedangkan teh hijau kebanyakan berasal dari Cisurupan. Walaupun produksi teh garut masih dibawah Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Sukabumi, namun komoditas ini juga menjadi komoditas ekspor ke banyak negara.

Industri kulit juga hadir di kabupaten ini. Sebagian besar terkonsentrasi di daerah Sukaregang Kecamatan Garut Kota. Masih ada pula usaha sutera alam yang tersebar di Kecamatan Tarogong, Pameungpeuk dan Wanaraja.
Sumber :
30 Mei 2009
Sumber Gambar:

1 komentar: